Minggu, 06 Desember 2009

SERUAN AKSI HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA 9 Desember 2009

INTRUKSI DAN SERUAN

GERAKAN INDONESIA BERSIH KORUPSI

Pada tanggal 9 Desember 2003 Perserikat Bangsa-Bangsa telah merativikasi Konvensi Anti Korupsi di Merida, Meksiko. Tanggal tersebut ditetapkan menjadi HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA.
Masih banyak rakyat yang kelaparan, masih banyak anak bangsa yang tidak sekolah, masih banyak orang berlindung dibalik kolong jembatan, masih banayak rakyat yang mengalami gisi buruk, penyakit menular, meluasnya bencana alam yang penanggannya masih semraut, masih banyak hutan Indonesia yang di gunduli, amburadulnya tata ruang kota, masih banyaknya gelandangan dan pengemis, kemiskinan di mana-mana, tingginya angka pengangguran, semakin melebarnya jurang si miksin dan si kaya, sering terjadinya amuk masa, masih ada keinginan beberapa propinsi untuk merdeka, rendahnya daya tawar kita terhadap negara lain sehingga Negara di rendahkan dan diambil segala bentuk karya dan budaya oleh bangsa lain dan itu Bangsa ini diam saja.
Penyebab semua itu salah satu akar utamanya adalah KORUPSI. Bagaiama seandainya 6,7 Triliun bantuan talangan bagi bank century di peruntukkan bagi rakyat miskin, tentu nasib rakyat ini Indonesia masih memiliki harapan untuk hidup.
Mudahnya koruptor kelas kakap kabur ke luar negeri, masih mampu mengatur hukum dan negara ini bahkan mampu merekayasa untuk melemahkan KPK sebagai institusi pemberantasan korupsi, prilaku ini selalu selalu kongkalikong dengan pejabat negara, akibat tindak-laku elit kekuasaan. Mengakibatkan terpuruknya bangsa ini dari ketidakberdayaan sebagai bangsa yang merdeka dan sejahtera.
Pejabat negara telah dikirim ke bui, sebagian dipermalukan di depan publik. Tetapi sampai tahun ini (2009 dengan Indeks Persepsi Korupsi 2,8) negara kita masih berada dalam kelompok negara terkorup di dunia. Disana-sini proses tender masih bisa diatur, banyak penggunaan keuangan negara/ daerah tidak bisa dipertanggungjawabkan, banyak anggota oknum pejabat pemerintah/negara yang kaya mendadak, tidak sedikit kepala daerah yang hidup bermewah-mewah di tengah-tengah kemiskinan rakyatnya, pungli masih menggila disetiap sudut kehidupan, suap merajalela dimana-mana, salam tempel sudah menjadi iuran wajib untuk melicinkan urusan dengan Pemerintahan termasuk dengan penegak hukum. Anggaran daerah menjadi ajang rebutan kue ekskutif dan legislatif melalui ”bantuan” dunia usaha.
Mencermati itu semua, terasa bahwa pemberantasan korupsi dilakukan Setengah hati. Padahal Presiden sendiri mengatakan bahwa korupsi itu adalah Kejahatan luar biasa (ordinary crime), sehingga harus ditangani dengan cara yang Luar biasa juga. Jadi jangankan setengah hati, sepenuh hati saja tidak cukup untuk memberantas korupsi.
Sebagai anak bangsa dan warga yang baik, warga yang mencintai tanah air dan masa depan generasi bangsa, harus dan wajib meminta dan bila perlu menuntut agar seluruh jajaran terkait mulai sekarang untuk bersungguh-sungguh dalam pemberantasan korupsi mulai dari diri presiden sendiri (seperti ucapan beliau sendiri) sampai tingkat kepala desa/lurah di setiap daerah Banyak negara membuktikan bahwa pemberantasan korupsi harus dimulai dari pimpinannya, mulai dari presiden sampai kepala desa/lurah.
Untuk itu pada momen HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA pada tanggal 9 Desember 2009 ini mari kita tuntut bersama-sama bukti kongkrit yang sudah dilakukan oleh para pejabat negara. Selanjutnya rekan-rekan di daerah menuntut secara langsung kepada kepala daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) program pemberantasan korupsi. Tidak hanya menentut perlu upaya tindak lanjut untuk pemantauan kinerja pemda yang berbasis publik. Beberapa program pemberantasan korupsi yang bisa dituntut diantaranya adalah; reformasi pelayanan publik sehingga lebih mudah, cepat dan terjangkau; menandatangani Pakta Integritas-Anti Korupsi, mengeluarkan Perda dan menjalankan prinsip transparansi informasi, akuntabilitas keuangan daerah, pembangunan partisipatif; menyediakan lembaga pengaduan korupsi Dan membentuk tim pemberantasan korupsi tingkat daerah, mengumumkan secara berkala kekayaan pejabat mulai dari eselon 3, 2 dan eselon satu termasuk seluruh anggota DPR/D, menuntut pengesahan aturan pembuktian terbalik terhadap mereka yang diduga melakukan tindak pindana korupsi dan berbagai upaya lain guna mengurangi korupsi secara bermakna dan lain-lain. Untuk itu, pada HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA, melalui berbagai cara, kita wajib mendesakkan hal tersebut kepada pemerintah untuk menjalankan berbagai strategi dan program pemberantasan korupsi mulai dari pusat sampai daerah. Melalui tema ”GERAKAN INDONESIA BERSIH KORUPSI”,
DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah mengintruksikan kepada DPD IMM seindonesia, PC IMM SeIndonesia, PK IMM SeIndonesia dan menghimbau kepada komponen civil society serta komponen bangsa untuk memperingati HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA dengan mendesak pemerintah menjalankan program-program pemberantasan korupsi secara sungguh-sungguh dan jangan ragu-ragu. Pada tanggal 9 Desember 2009, untuk membangun kesamaan gerak Ikatan, kekompakan kader Ikatan dan rakyat dalam menolak korupsi, setiap pimpinan dan kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah serta komponen, kelompok/lembaga masyarakat dihimbau untuk menyelenggarakan kegiatan unik, kreatif, mandiri, massal dan menggugah, agar terbangun semangat pemberantasan korupsi dari berbagai pihak yang peduli masa depan bangsa.
Intruksi dan himbauan ini ini kami kirim ke DPD IMM seindonesia dan di tindaklajuti ke pimpinan dibawahnya serta lembaga masyarakat, dunia usaha dan pemerintah mulai dari pusat sampai daerah. Diharapkan pada tanggal 9 Desember 2009 terjadi suatu gelombang gerakan massal melawan korupsi di seluruh pelosok tanah air yang dilakukan oleh Kader Ikatan mahasiswa Muhammadiyah dan elemen bangsa lainnya.

TIADA KATA LELAH DALAM MELAWAN KORUPSI,
LAWAN TERUS KORUPSI!!!!

DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah sangat percaya bahwa kegiatan ini dapat diselenggarakan secara santun,bermakna dan mandiri. Demikian hal ini kami sampaikan atas kepeduliannya terhadap pemberantasan korupsi kami haturkan terima kasih

Billahi Fii Sabilil haq, Fastabiqul khairat.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam Anti Korupsi
DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah


Ketua Bidang HIKMAH Sekretaris Bidang Hikmah

TDO TDO


SUNANTO IHSAN JAUHARI

0 komentar:

Posting Komentar

 

INFO KADER

Kutunggu Perjuanganmu Wahai Barisan Jaket Merah Pringsewu

Info KIIPs (Korp Instruktur IMM Pringsewu)

Informasi kepada seluruh alumni DAD IMM Pringsewu Tahun 2009 bahwa akan diadakan acara penyerahan syahadah Darul Arqom Dasar (DAD)yakni pada pertengahan bulan Januari. Untuk itu bagi para alumni yang belum menyelesaikan tugas-tugas tambahan dan Rencana Tindak Lanjut (tidak hadir dalam tiga kali pertemua) agar menemui Koordinator KIIPS (Korp Instruktur IMM Pringsewu) yaitu Immawan Joko Supriono HP 085658965046 atau Immawan Sukardiono HP 085768226860. Terima Kasih

IMM PRINGSEWU Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template