Rabu, 19 Agustus 2009

My Profil

Profil IMM Pringsewu

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tanggamus yang insya Allah sebentar lagi berubah nama menjadi IMM Pringsewu merupakan salah satu Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Propinsi Lampung. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tanggamus terdiri dari 3 Pimpinan Komisariat yang terdiri dari Komisaria STKIP M. Pringsewu, Komisariat STIE M. Pringsewu dan Komisariat STIKES Muhammadiyah Pringsewu.

Perubahan nama itu karena usul dari teman-teman komisariat dan saran dari ayahanda-ayahanda Muhammadiyah di Pringsewu. Karena Pringsewu telah memisahka diri dari daerah induk yaitu Kabupaten Tanggamus. Insya Allah perubahan nama tersebut akan kami sampaikan kepada DPP IMM melui DPD IMM Lampung setelah pelaksanaan Darul Arqom Dasar (DAD) IMM Pringsewu pada September 2009. Dengan latar belakang tersebut maka blog ini kami berikan nama immpringsewu.

Melihat sejarah IMM Tanggamus, sebelum tahun 1998 masih merupakan bagian dari Pimpinan Cabang IMM Lampung Selatan. Namun karena terbentuknya daerah otonomi baru dimana Tanggamus memisahkan diri dari Kabupaten induk yakni Lampung Selatan, maka jejak tersebut sejalan pula dengan terbentuknya Pimpinan Daerah Muhammdiyah Kab. Tanggamus serta diikuti terbentuknya organisasi otonom Muhammadiyah, salah satunya IMM Tanggamus.

Adapun pusat gerakan IMM Tangggamus berada di salah satu kota kecil yaitu Pringsewu. Kenapa demikian, karena Perguruan Tinggi hanya ada di kota tersebut dan Kampus Terbesar adalah Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu yang terdiri dari STKIP Muhammadiyah Pringsewu, STIE Muhammadiyah Pringsewu dan AKPER dan AKBID M. (sekarang menjadi STIKES Muhammadiyah Pringsewu). Ketiga kampus tersebutlah yang menjadi ladang dakwah IMM Tanggamus. Ada memang keinginan untuk menyebarkan sayap ke kampus non-PTM, namun dikarenakan kampus-kamus tersebut rata-rata program D1, D2 dan D3, setelah kami berusaha untuk mencari calon-calon kader namun sampai sekarang hal tersebut belum bisa tercapai. Namun pada periode ini merupakan salah satu program utama dari PC IMM Tanggamus.

Perlu diketahui bahwa ada keunikan tersendiri menurut kami tentang komisariat-komisariat yang ada di Cabang Tanggamus. Pimpinan Komisariat yang ada di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu merangkap sebagai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Bagi kami bahwa tidak ada yang membedakan gerakan BEM dengan gerakan komisariat yang dijalankan oleh IMM. Program-program yang dijalankan oleh komisariat sangat berorientasikan untuk kemajuan kampus masing-masing tanpa meninggalkan identitas yaitu “Sang Surya” yang selalu menyinari. Bahkan dalam pelaksanaan Perkaderan Darul Arqom Dasar (DAD), seluruh mahasiswa reguler wajib mengikuti kegiatan ini. Contoh saja pada pelaksanaan DAD Tahun 2008 kemarin, dengan tujuan untuk menjalin silaturrahmi dan komunikasi yang efektif antar komisariat, Pimpinan Cabang beserta komisariat-komisariat memutuskan untuk melaksanakan DAD bersama yaitu pada tanggal 7-9 Syawal 1429 H (7 hari lebaran). Walaupun pesertanya mencapai 820 orang, dan terdiri dari 12 ruangan. Dengan perjuangan dan kerja keras panitia, alhamdulilah kegiatan tersebut bisa berjalan lancar dengan dukungan dari Keluarga Besar Muhammadiyah Tanggamus dan PTM Pringsewu.

Untuk itu kami IMM Tanggamus mengajak kepada segenap teman-teman IMM se-Indonesia untuk memperjuangkan agar BEM yang ada di PTM berubah nama menjadi komisariat IMM. Memang sangat banyak tantangan untuk merubah itu baik itu dari intern kampus masing-masing maupun kepentingan-kepentingan dari teman-teman Gerakan Mahasiswa non-IMM. Bagikami “biarlah kita membina kader di kampus sendiri terlebih dahulu dari pada sibuk mencari kader di luar PTM akan tetapi lupa dengan akar rumput yang sudah jelas yaitu mahasiswa di PTM”. Kita memang sering mendapatkan cercaan dari teman-teman baju hijau, kuning, putih dll yang mengatakan “IMM itu hanya besar di kamus PTM”! menurut kami biarkan saja celotehan lewat begitu saja. Bisa dikatakan teman-teman kita itu justru cemburu dengan IMM yang sudah mempunyai objek garapan dakwah yang jelas yaitu mahasiswa PTM, lha merekakan masih sembunyi-sembunyi masuk kampus-kampus, tidak demikian dengan kita kader” Jaket Merah”.

“Menolak Tunduk dan Bangkit Melawan Penindasan karena Diam Adalah Penghianatan”
Jayalah Jaya IMM-ku jaya…!

0 komentar:

Posting Komentar

 

INFO KADER

Kutunggu Perjuanganmu Wahai Barisan Jaket Merah Pringsewu

Info KIIPs (Korp Instruktur IMM Pringsewu)

Informasi kepada seluruh alumni DAD IMM Pringsewu Tahun 2009 bahwa akan diadakan acara penyerahan syahadah Darul Arqom Dasar (DAD)yakni pada pertengahan bulan Januari. Untuk itu bagi para alumni yang belum menyelesaikan tugas-tugas tambahan dan Rencana Tindak Lanjut (tidak hadir dalam tiga kali pertemua) agar menemui Koordinator KIIPS (Korp Instruktur IMM Pringsewu) yaitu Immawan Joko Supriono HP 085658965046 atau Immawan Sukardiono HP 085768226860. Terima Kasih

IMM PRINGSEWU Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template